Senin, 15 Juli 2013

Sambut Ramadhan, Kemenag Benteng Adakan Tabligh Akbar

Bengkulu (Informasi dan Humas) 27/6- Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1434 H, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) adakan tabligh Akbar di Halaman Kantor Kemenag Benteng, Rabu (25/6).

Kegiatan Tabligh Akbar ini terselenggara atas kerja sama Kemenag Benteng dengan Pimpinan Cabang Muhammadiyah, IKM dan PKDP Cabang Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) Drs. H. Ajamalus, MH dalam sambutannya pada acara Tabligh Akbar dalam rangka menyambut bulan suci Ramdhan 1434 H mengharapkan agar umat Islam di Kabupaten Benteng menjaga Ukhwah Islamiyah sehingga umat Islam dapat melaksanakan kegiatan Ramadhan dengan tenang dan khidmat.

Kepala Kemenag Benteng menegaskan agar umat Islam tidak mudah terpropokasi oleh hal-hal yang dapat memecah belahkan umat Islam. Masalah adanya kemungkinan perbedaan tanggal satu Ramadhan antara Muhammadiyah dengan Pemerintah tahun ini, Kepala Kemenag mengharapkan agar disikapi dengan bijak tanpa saling kleim dan saling menyalahkan.

Karena dalam menentukan awal bulan Qomariyah di Indonesia memakai dua metode, yaitu metode Hisab (perhitungan perjalanan bulan) dan metode Rukyatul Hilal (dengan melihat bulan). Kedua metode tersebut masing-masing mempunyai dalil dan landasan hukum yang kuat dan umat Islam boleh memilih satu diantara kedua metode tersebut.

Kepala Kemenag Benteng mengajak umat Islam menyambut bulan suci Ramadhan ini dengan gembira melalui beberapa persiapan, antara lain, persiapan ruhiyah (mental sipritual), persiapan zahiriyah (kesehatan fisik), persiapan fikriyah (ilmu dan pengetahuan yang berkenaan dengan ibadah puasa), dan persipan maliyah (bekal harta).

Dengan persiapan yang matang dalam menyambut bulan Ramadhan umat Islam dapat mengisi bulan Ramadhan ini dengan maximal, baik kegiatan yang berhubungan dengan ‘ubudiyah kepada Allah, maupun kegiatan sosial keagamaan dan kemasyarakatan lainnya.

Disisi lain Kepala Kemenag Benteng mengingatkan kepada umat Islam Kabupaten Benteng, agar mewaspadai aliran sesat dan menyimpang dari Aqidah Islamiyah, karena di Benteng ini ada dua Aliran dan kelompok pengajian yang difatwakan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) sebagai kelompok dan aliran sesat dan menyimpang, yaitu Ahmadiyah dan Anugerah Keagungan Ilahi (AKI).

Selama bulan Ramadhan Kepala Kemenag mengharapkan agar rumah makan/warung nasi, dan tempat-tempat hiburan lainnya ditutup untuk menghormati bulan suci Ramadhan. Rumah makan/warung nasi diharapkan mulai dibuka menjelang buka puasa atau malam hari saja, karena jika disiang harinya tetap melaksanakan aktivitas dirumah makan tersebut, dikhawatirkan akan mengganggu kenyamanan dan ketenangan umat Islam dalam melaksanakan ibadah puasa.

Penulis : Candra Editor : H.Nopian Gustari









0 komentar:

Posting Komentar